Sabtu, 19 Maret 2011

math

Archive for the ‘Math News’ Category

Eksperimen Vs Model Matematika

Posted: December 5, 2010 by skakmath in Math Fun, Math News
Tags: ,

bahasan kali ini sedikit serius tentang model matematika…..

apa sih model matematika itu…..?model matematika itu pemodelan yang diangkat dari suatu kasus yang dibentuk sebagai model dengan variabel-variabel yang berpengaruh untuk kemudian dianalisis dan diambil kesimpulannya…..

wah kayaknya ribet yeh…..bahasa gampangnya membuat rumus suatu masalah…..

sebenernya ada cara lain menganalisa kasus tanpa harus dibuat model yang ribet-ribet yaitu dengan cara eksperimen…..

cara eksperimen emang relatif lebih cepet, tapi tidak semua bisa dibuat eksperimen atau percobaanya…..banyak kendala yang menghambat, misalkan dana, waktu atau pun peralatan dan lain sebagainya termasuk dari segi keamanan…..misalnya peluruhan zat radioaktif atau pun lamanya efek obat, nah karena itu bisa pake model matematika…..

lebih mudahnya kalau eksperimen itu cara langsung mendapatkan hasil, sedangkan model matematika itu cara tidak langsung yaitu dengan otak-atik rumus pake pulpen n kertas…..

sekian sekilas tentang model matematika…..(^_^)

Fobia Matematika ?

Posted: November 13, 2010 by skakmath in Math News
Tags:

Sudah menjadi pengetahuan umum jika pelajaran Matematika cukup menjadi momok di kalangan pelajar.

Pelajaran matematika yang sering di”plesetin” dengan istilah “mati-matian” menjadi bahan curhatan siswa yang diwariskan secara turun temurun ke adik kelas, terutama jika cara mengajar guru matematika super menyebalkan kaku.

Padahal sebagai ilmu dasar, matematika merupakan landasan bagi pembelajaran dan pengembangan ilmu ilmu lainnya bahkan hampir kebanyakan penelitian menggunakan rumus matematika sebagai penunjang penelitian atau pengolahan data.

Belum lagi jika ketakutan siswa terhadap pelajaran tsb. dapat menjadi bibit kecemasan primer dan menjadi awal fobia siswa terhadap pelajaran lainnya yang mengandung hitung hitungan.

Kiranya perlu ditinjau ulang tentang cara pengajaran ataupun penyajian matematika sebagai ilmu yang menakutkan, termasuk usia yang tepat kapan seorang siswa mulai dikenalkan dengan pelajaran tsb.

Jika perlu, sebelum siswa dikenalkan dengan pelajaran matematika lebih sulit dan rumit, pastikan rasa “suka” siswa telah tumbuh terlebih dahulu.

Bagaimana jika kemampuan guru dalam memperkenalkan pelajaran matematika dengan cara cara yang menyenangkan ditingkatkan bahkan jika perlu hanya guru yang benar benar menyukai pelajaran matematika yang boleh mengajar pelajaran tsb. ?

Dan bagaimana jika terhadap siswa sudah terlanjur fobia dengan pelajaran matematika, dilakukan pemrograman ulang minat siswa terhadap pelajaran tsb., mau ?

ATM yang bikin cerdas

Posted: October 24, 2010 by skakmath in Math Fun, Math News
Tags: , ,

Untuk melakukan Withdraw (Tarik Tunai) di ATM ini, Para Nasabah diharuskan menyelesaikan Soal-Soal Matematika dahulu, baru setelah itu mereka bisa melakukan transaksi…

10 Cara Top Mencontek

Posted: October 12, 2010 by skakmath in Math Fun, Math News
Tags: , , ,

Mungkin post yg kali ini agak sedikit ngawur dari posting2an sebelumnya…

Tapy saya cuman pengen sedikit share aja tentang trik terampuh & tertua dalam menghadapi ujian (MENCOTEK)…

Sekali lagi, ini cuman buat fun-fun aja… Jady, don’t try this at home…Hahahaha!!!

Walau salah sepanjang kereta atau sebanyak motor mudik…meski khilaf sebesar kapal ferry atau setinggi pesawat terbang…marilah kita saling memaafkan…
mohon maaf lahir dan batin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar