Sabtu, 05 Maret 2011

9 T1p3 oRanG sUkS3s

Seringkali saya dan mungkin Anda juga bertanya tentang kesuksesan seseorang, misalnya “apa yang membuat seseorang sukses? “, “Bagaimanawirausahawan mencapai sukses?”, “apa saja kiat pebisnis untuk mencapai sukses?”, dan mungkin masih banyak pertanyaan lainnya mengenaikesuksesan yang dicapai seseorang.

Coba Anda bertanya kepada seseorang apakah faktor kesuksesan seseorang? mungkin ada sebagian menjawab berani menghadapi resiko (risk taker), mudah bergaul (outgoing person), atau kerja keras (workaholic), kreatif, tidak mudah menyerah, dll. Menurut Rhonda Byrne, ternyata jawaban-jawaban tersebut tidak semuanya benar. Rhonda banyak sekali berteman dengan pengusaha-pengusaha sukses, dan ternyata diantaranya ada yang tidak suka menghadapi resiko, tidak suka kerja keras, dll. Lalu bagaimana mereka bisa menghasilkan banyak uang? Jawabannya adalah karena mereka menemukan dan menjalankan bisnis yang sesuai dengan “Passion” mereka sehingga bisa memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Passion ini kemudian dikategorikan menjadi sembilan hal yang dinamakan 9 Tipe Entrepreneur.

Berdasarkan pengalaman Rhonda, sebagian besar wirausaha sukses (entrepreneur) memulai bisnis mereka dimulai dari ketertarikan, hobi, atau minat mereka. Misalnya Anda suka terhadap kuliner, anda bisa membuka restaurant, atau Anda bisa membuka kursus memasak, atau Anda bisa menulis buku tentang memasak, dan lainnya. Banyak sekali yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis melalui minat Anda.

Sembilan Tipe Entrepreneur menurut Rhonda Byrne :

1. Penasehat/Konsultan (Advisor).

Para konsultan memperoleh uang dari jasa mereka memberikan saran atau mencarikan solusi bagi klien-klien mereka. Kebanyakan para konsultan dipercaya karena pendidikan dan pengalaman mereka. Misal profesi konsultan : konsultan keuangan, konsultan marketing.

2. Organisator/Administrator

Tipe kedua ini adalah tipe pengusaha yang memantain atau me-managejalannya sebuah bisnis. Misal : Event organizer, jasa maintain database sebuah perusahaan.

3. Creator

Tipe yang satu ini adalah tipe pembangun bisnis. Kebanyakan orang-orang ini adalah tipe orang kreatif yang mampu membuat barang atau jasa baru yang sebelumnya tidak ada.

4. Care Taker

Tipe ini adalah tipe yang mampu merawat sebuah bisnis, kebanyakan tipe ini adalah orang yang sabar, tekun, dan konsisten. Misalnya : pengusaha yang bergerak di bidang property, tanaman.

5. Communicator/ Trainer.

Tipe communicator adalah tipe entrepreneur yang mampu mentransfer informasi sebagai demand (permintaan). Misalnya, penulis, trainer, atau salesman.

6. Entertainer

Tipe ini adalah tipe entrepreneur yang mampu membuat atau menambah pengalaman positif bagi orang lain. Misalnya : aktor, penyanyi, atau produser.

7. Investor/Owner

Tipe ini adalah tipe entrepreneur yang mampu membuat uang mereka bekerja. Misalnya pemilik bisnis, investor real estat, atau saham.

8. Seller

Tipe ini memiliki keahlian dalam menjual apapun. Apapun barang atau jasa, di tangan mereka, produk tersebut bisa menjadi uang. Misalnya broker properti, asuransi, atau salesman.

9. Engineer / Technology

Tipe ini adalah pengusaha yang memiliki keahlian di bidang teknik, misalnya bidang otomotif, software engineer.

Bagaimana dengan Anda? Anda termasuk tipe entrepreneur sukses yang mana dari sembilan tipe entrepreneur menurut Rhonda Byrne?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar